Jumat, 04 Desember 2015

Arthritis

Arthritis adalah sangat umum tetapi tidak dipahami dengan baik. Sebenarnya, "arthritis" bukan penyakit tunggal; itu adalah cara informal mengacu pada nyeri sendi atau penyakit sendi. Ada lebih dari 100 jenis arthritis dan kondisi terkait. Orang dari segala usia, jenis kelamin dan ras dapat dan memiliki arthritis, dan itu adalah penyebab utama kecacatan di Amerika. Lebih dari 50 juta orang dewasa dan 300.000 anak memiliki beberapa jenis arthritis. Hal ini paling umum di kalangan wanita dan lebih sering sebagai orang tua terjadi.
Arthritis umum gejala sendi termasuk pembengkakan, nyeri, kekakuan dan penurunan rentang gerak. Gejala bisa datang dan pergi. Mereka bisa ringan, sedang atau berat. Mereka mungkin tetap sama selama bertahun-tahun, tetapi dapat berkembang atau bertambah buruk dari waktu ke waktu. Arthritis parah dapat mengakibatkan sakit kronis, ketidakmampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan membuat sulit untuk berjalan atau naik tangga. Arthritis dapat menyebabkan perubahan sendi permanen. Perubahan ini dapat terlihat, seperti sendi jari menonjol, tetapi sering kerusakan hanya dapat dilihat pada X-ray. Beberapa jenis arthritis juga mempengaruhi jantung, mata, paru-paru, ginjal dan kulit serta sendi.
Ada berbagai jenis arthritis:Arthritis degeneratif
Osteoarthritis adalah jenis yang paling umum dari artritis. Ketika tulang rawan - licin, permukaan bantalan pada ujung tulang - memakai jauhnya, tulang menggosok terhadap tulang, menyebabkan nyeri, pembengkakan dan kekakuan. Seiring waktu, sendi dapat kehilangan kekuatan dan rasa sakit dapat menjadi kronis. Faktor risiko meliputi kelebihan berat badan, riwayat keluarga, usia dan cedera sebelumnya (sebuah ligamen anterior cruciate, atau ACL, air mata, misalnya).
Ketika gejala sendi osteoarthritis yang ringan atau sedang, mereka dapat dikelola oleh:

    
menyeimbangkan aktivitas dengan istirahat

    
menggunakan terapi panas dan dingin

    
aktivitas fisik secara teratur

    
mempertahankan berat badan yang sehat

    
memperkuat otot-otot di sekitar sendi untuk dukungan ditambahkan

    
menggunakan alat bantu

    
mengambil over-the-counter (OTC) atau obat-obatan penghilang rasa sakit anti-inflamasi

    
menghindari gerakan berulang yang berlebihan
Jika gejala sendi yang parah, menyebabkan mobilitas terbatas dan mempengaruhi kualitas hidup, beberapa strategi manajemen atas mungkin membantu, tetapi penggantian sendi mungkin diperlukan.
Osteoarthritis dapat dicegah dengan tetap aktif, menjaga berat badan yang sehat, dan menghindari cedera dan gerakan berulang.Arthritis inflamasi
Sistem kekebalan tubuh yang sehat adalah pelindung. Ini menghasilkan peradangan internal untuk menyingkirkan infeksi dan mencegah penyakit. Tetapi sistem kekebalan tubuh bisa salah, keliru menyerang sendi dengan peradangan yang tidak terkendali, berpotensi menyebabkan erosi sendi dan dapat merusak organ internal, mata dan bagian lain dari tubuh. Rheumatoid arthritis dan psoriasis arthritis adalah contoh arthritis inflamasi. Para peneliti percaya bahwa kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan dapat memicu autoimunitas. Merokok adalah contoh dari faktor risiko lingkungan yang dapat memicu rheumatoid arthritis pada orang dengan gen tertentu.
Dengan jenis autoimun dan inflamasi arthritis, diagnosis dini dan pengobatan agresif sangat penting. Perlambatan aktivitas penyakit dapat membantu meminimalkan atau bahkan mencegah kerusakan sendi permanen. Remisi adalah tujuan dan dapat dicapai melalui penggunaan satu atau lebih obat yang dikenal sebagai obat antirematik penyakit-memodifikasi (DMARDs). Tujuan pengobatan adalah untuk mengurangi rasa sakit, meningkatkan fungsi, dan mencegah kerusakan sendi lebih lanjut.Menular Arthritis
Sebuah bakteri, virus atau jamur bisa masuk peradangan sendi dan memicu. Contoh organisme yang dapat menginfeksi sendi adalah salmonella dan shigella (keracunan makanan atau kontaminasi), klamidia dan gonore (penyakit menular seksual) dan hepatitis C (infeksi darah-ke-darah, seringkali melalui jarum bersama atau transfusi). Dalam banyak kasus, pengobatan tepat waktu dengan antibiotik dapat membersihkan infeksi sendi, tapi kadang-kadang arthritis menjadi kronis.Arthritis metabolik
Asam urat terbentuk sebagai tubuh memecah purin, zat yang ditemukan dalam sel-sel manusia dan dalam banyak makanan. Beberapa orang memiliki tingkat asam urat karena mereka secara alami menghasilkan lebih dari yang dibutuhkan atau tubuh tidak dapat menyingkirkan asam urat cukup cepat. Pada beberapa orang asam urat menumpuk dan membentuk kristal jarum seperti pada sendi, yang mengakibatkan lonjakan tiba-tiba dari nyeri sendi ekstrim, atau serangan gout. Gout dapat datang dan pergi di episode atau, jika kadar asam urat tidak berkurang, itu bisa menjadi kronis, menyebabkan rasa sakit yang sedang berlangsung dan cacat.
Mendiagnosis Arthritis
Diagnosis arthritis sering dimulai dengan dokter perawatan primer, yang melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin melakukan tes darah dan scan pencitraan untuk membantu menentukan jenis arthritis. Spesialis arthritis, atau rheumatologist, harus dilibatkan jika diagnosis tidak pasti atau jika arthritis mungkin inflamasi. Rheumatologists biasanya mengelola pengobatan yang sedang berlangsung untuk arthritis inflamasi, asam urat dan kasus yang rumit lainnya. Ahli bedah ortopedi melakukan operasi gabungan, termasuk penggantian sendi. Ketika arthritis mempengaruhi sistem lain tubuh atau bagian, spesialis lain, seperti dokter mata, dermatologists atau dokter gigi, juga dapat dimasukkan dalam tim perawatan kesehatan.
Apa yang Bisa Dilakukan Tentang arthritis?
Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk melestarikan fungsi sendi, mobilitas dan kualitas hidup. Belajar tentang penyakit dan pengobatan pilihan, membuat waktu untuk kegiatan fisik dan menjaga berat badan yang sehat sangat penting. Arthritis adalah penyakit umum disalahpahami. Arthritis Foundation adalah satu-satunya organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk melayani semua orang dengan arthritis. Situsnya, arthritis.org, memiliki banyak sumber daya untuk belajar tentang arthritis, tips praktis untuk kehidupan sehari-hari dan banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar